Inidia Beberapa Kebiasaan yang Menyebabkan Munculnya Bekas Jerawat

Masalah jerawat memang seperti tidak ada habisnya untuk dibicarakan. Meskipun jerawat sudah diatasi dengan cream penghilang jerawat dan akhirnya mengempes, masalah yang sering pula muncul ialah bekas jerawat yang sulit dihilangkan. 

Warna gelap yang biasanya muncul di area sekitar jerawat ialah reaksi akibat adanya inflamasi yang mengganggu kemampuan dari kulit untuk memperbaiki sel-selnya sendiri.

Singkatnya kulit kamu menjadi tidak bisa kembali normal karena adanya inflamasi atau iritasi. Hal ini pun seringkali disebabkan karena diri kita sendiri, selain karena faktor genetik, beberapa kebiasaan berikut ini bisa menjadi penyebab jerawat membekas.

1.     Memencet jerawat dengan tangan
Kamu pasti sudah sering mendengar kalau memencet bekas jerawat bisa menyebabkan jerawat semakin bertambah parah dan membekas, tapi meskipun begitu masih banyak saja yang melakukannya.

Selain bakteri dari tangan yang bisa memperburuk kondisi jerawat, memencet jerawat pun bisa menyebabkan kulit dan pembuluh darah menjadi terbuka, sehingga sulit untuk kembali ke keadaan normal.

Hal inilah yang menyebabkan kemunculan tekstur dan warna kulit yang menghitam dan sulit dihilangkan. Jadi, apakah kamu masih mau memencet jerawat yang ada di wajah?

2.     Tidak menggunakan sunblock
Sinar UV dari matahari bisa menyebabkan noda kehitaman semakin terlihat. Jadi menggunakan sebelum melakukan aktivitas menjadi suatu hal yang wajib dilakukan. Pilihlah sunblock yang tidak menyumbat pori-pori wajah ya.

3.     Menggunakan make up yang terlalu tebal
Adanya jerawat diwajah memang akan menyebabkan rasa tidak percaya diri, sehingga tidak heran jika banyak orang yang menggunakan make up tebal untuk menutupinya.

Tapi menggunakan make up tebal justru akan membuat pori-pori wajah jadi tersumbat, sehingga menyebabkan jerawat semakin bertambah parah dan sulit disembuhkan.

4.     Malas membersihkan wajah
Selain bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat baru, malas membersihkan wajah akan membuat sisa-sisa kotoran dan sebum menumpuk di kulit. Akibatnya jerawat yang sudah ada jadi lama proses penyembuhannya dan bisa menyebabkan munculnya bekas jerawat.

Pilihlah pembersih wajah yang mengandung Benzoyl Peroxide yang bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan jerawat dan kandungan niacinamide untuk mengurangi iritasi dan kemerahan akibat dari jerawat.

Itudia beberapa kebiasaan yang menyebabkan munculnya bekas jerawat dan jerawat baru. Atasi segera jerawat dan bekasnya dengan cream penghilang jerawat dan bekasnya supaya wajah kamu kembali bersih dan sehat.
Share: