Sertifikat ISO, Cara Efektif Meyakinkan Market Untuk Kualitas Produk Kita

Saat ini ada banyak sekali produsen barang dan jasa yang memproduksi produk yang memiliki fungsi yang sama. Tentu saja hal ini dapat membingungkan konsumen untuk memilih produk yang terbaik. Untuk dapat menarik perhatian konsumen untuk membeli produk Anda maka Tentu saja Anda harus meyakinkan para konsumen bahwa produk Anda memiliki kualitas yang terbaik.


Cara paling efektif untuk meyakinkan para konsumen bahwa produk atau jasa anda memiliki kualitas yang memenuhi standar internasional adalah dengan mendapatkan sertifikat ISO bagi barang atau jasa yang Anda tawarkan.


Jika produk Anda telah mendapatkan label sertifikat ISO, maka Konsumen tidak perlu ragu lagi terhadap kualitas dari produk dan jasa yang Anda tawarkan. Tentunya ini akan sangat membantu urusan Anda dalam menawarkan produk atau jasa yang Anda tawarkan, baik untuk pasar nasional maupun internasional. Jadi dapat Anda lihat bahwa label sertifikat ISO ini memiliki dampak yang sangat kuat dalam membantu suatu produk melakukan penetrasi pasar.


Berikut adalah cara untuk mendapatkan sertifikat ISO:

Anda dapat mendapatkan sertifikat ISO melalui badan sertifikasi ISO. Badan ini adalah badan yang diberikan wewenang oleh International standardization organization untuk mengeluarkan sertifikat ISO di berbagai bidang industri. Badan inilah yang memiliki kewenangan untuk mengirim tim auditor Keputusan anda dan melakukan pemeriksaan apakah produk atau jasa yang anda tawarkan layak untuk mendapatkan sertifikat ISO atau tidak.


Tim auditor ini akan melakukan dua tahapan audit terhadap perusahaan anda. Audit yang pertama dikenal sebagai audit dokumentasi karena tim auditor akan mendokumentasikan segala prosedur kerja yang ada di perusahaan anda. Jika tim auditor menemukan prosedur-prosedur yang belum memenuhi standar ISO, maka tim auditor akan memberikan Anda rekomendasi-rekomendasi perbaikan yang perlu dilakukan oleh perusahaan anda untuk mendapatkan sertifikat ISO.


Tahapan audit yang kedua dikenal sebagai edit implementasi karena saat itu tim auditor akan mengecek Bagaimana pesan anda mengimplementasikan rekomendasi rekomendasi perbaikan yang telah diberikan sebelumnya. Jika dalam tahapan audit implementasi, auditor menemukan bahwa pesanan Anda telah dapat menerapkan prosedur kerja sesuai dengan standar ISO secara konsisten, maka urusan anda akan mendapatkan sertifikat ISO. Begitu pula sebaliknya, jika auditor menemukan bahwa masih terdapat prosedur-prosedur yang belum dilakukan atau perusahaan anda tidak dapat melakukan prosedur tersebut secara konsisten maka perusahaan anda tidak akan mendapatkan sertifikat ISO.


Perusahaan anda dapat menggunakan sertifikat ISO selama 3 tahun ke depan. Perlu Anda ketahui bahwa sertifikat ISO perlu diperbaharui dari waktu ke waktu. Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan Setiap perusahaan yang menggunakan sertifikat ISO mendapatkan audit secara berkala untuk memastikan perasaan-perasaan tersebut tetap melakukan setiap prosedur secara konsisten.
Share: