Macam Batu Alam untuk Fasad Rumah

 Selain cat dan keramik, terdapat pelapis dinding eksterior rumah yang tak kalah menarik untuk diaplikasikan, yaitu batu alam. Ya, ada banyak batu alam namun tidak semua cocok untuk fasad rumah. Jadi, dalam artikel ini terdapat 6 macam batu alam untuk fasad rumah.

Batu alam memberi kesan elegan pada rumah Anda terlebih warna dan teksturnya yang khas, memberi kesan natural. Anda tidak perlu menebak-nebak batu mana saja yang cocok karena kami akan merekomendasikannya untuk Anda.


Ketika memasang batu alam tentunya hal penting yang harus diperhatikan adalah pengerjaannya. Perlu diketahui tidak sembarang tukang bisa melakukan pekerjaan batu alam ini. Dibutuhkan pemborong rumah profesional untuk bisa melakukannya dengan baik. Jika anda berlokasi di kota Semarang dan sekitarnya, anda bisa menggunakan layanan jasa bangun rumah Semarang yang bisa anda cari di internet. Jasa profesional semacam ini memberikan jaminan kualitas pemasangan dan pengerjaan rumah anda dengan baik.


Macam Batu Alam untuk Fasad Rumah

Batu Palimanan

Batu Palimanan dapat mudah dikenali karena tekstur dan warna kuningnya yang khas. Sesuai namanya, batu alam ini berasal dari Kecamatan Palimanan, Kota Cirebon. Asal batu ini adalah dari Gunung Ciremai yang terletak di tiga kabupaten, yaitu Majalengka, Cirebon dan Kuningan.

Batu alam ini kerap dipilih sebagai aksen fasad rumah karena sifatnya yang awet dan kuat. Karena sifatnya inilah batu ini handal untuk area luar rumah yang terkena berbagai pergantian cuaca, seperti hujan dan panas.

Batu Gamping

Nama batu Gamping mungkin masih asing di telinga Anda, terlebih jika Anda awam dalam dunia batu alam sebagai material rumah. Di Indonesia sendiri, batu Gamping kerap dikenal sebagai batu Kapur.

Sifatnya yang tahan terhadap berbagai serangan cuaca menjadikannya cocok diterapkan pada semua sisi rumah, termasuk fasad! Meski umumnya berwarna putih, batu alam ini juga tersedia dalam warna lain seperti abu, merah muda, biru dan cokelat.

Batu Granit

Batu Granit menjadi salah satu batu alam untuk fasad rumah karena memiliki sifat kuat terhadap serangan berbagai jenis cuaca. Batu ini biasanya diaplikasikan sebagai lantai rumah karena terasa lebih dingin dan tidak licin.

Selain itu, lantai beberapa tempat seperti kolam renang, jembatan dan gedung perkantoran juga tidak jarang menggunakan batu Granit. Alasannya adalah batu ini juga tahan goresan dan jamur.

Karena kekuatannya inilah, batu Granit cocok untuk eksterior rumah Anda


.

Batu Candi

Batu Candi berbeda dengan batu penyusun bangunan candi peninggalan Hindu-Buddha di Indonesia. Meskipun namanya begitu, namun para leluhur tidak menggunakan batu ini untuk membuat candi-candi yang saat ini bisa kita lihat.

Nah, salah satu sifat permukaan batu alam yang satu ini adalah memiliki pori-pori yang terbuka dan mudah dirawat. Bahkan perawatannya lebih mudah daripada batu Andesit. Jenis batu yang satu ini memiliki harga jual yang murah sehingga mudah untuk Anda peroleh.

Batu Andesit

Salah satu batu yang kerap digunakan untuk melapisi bagian dinding luar rumah, yaitu batu Andesit. Batu ini diperoleh dari proses erupsi gunung berapi sehingga mudah ditemukan pada lereng-lereng gunung.

Karena karakteristiknya yang kuat, maka tidak heran jika batu Andesit menjadi bagian dari fasad rumah. Teksturnya yang unik mirip kayu membuatnya cocok tidak hanya untuk fasad, namun juga untuk karya seni dan pagar depan rumah.

Batu Paras Jogja

Jika Anda memiliki rumah minimalis dan ingin melapisi dinding eksterior dengan batu alam, mungkin batu Paras Jogja cocok untuk Anda. Ya, batu alam yang satu ini memiliki warna terang sehingga cocok untuk desain rumah yang berkonsep minimalis.

Karena warnanya yang terang dan permukaannya yang kasar membuat batu Paras Jogja membutuhkan perawatan yang khusus. Jika Anda tidak memiliki waktu merawat batu alam ini dalam jangka waktu yang lama, maka lumut akan tumbuh subur. Jika sudah terlanjur ditumbuhi lumut, Anda bisa bersihkan dengan mudah menggunakan lap basah saja.

Itulah 6 macam batu alam untuk fasad rumah yang bisa Anda pertimbangkan untuk mempercantik eksterior rumah.
Share: