Ini Tips Memilih Biro Travel Haji Umroh Terpercaya

Hampir setiap tahun, setiap calon jamaah haji dan umrah yang ingin menitipkan haji ke travel haji plus dan umrah di Indonesia selalu merasa khawatir.

Kekhawatiran yang kerap dirasakan calon jemaah haji pun beragam, mengingat belakangan ini marak kasus penipuan yang mengatasnamakan calon jamaah haji dan umrah. Tentu saja, hal ini sangat merugikan calon jemaah maupun penyelenggara haji dan umrah.

Untuk menghindari hal tersebut, pada artikel kali ini kami akan membagikan beberapa tips memilih biro travel haji plus dan umrah terpercaya. Minimal kita harus memilih biro travel haji plus dan umrah yang terpercaya dan profesional, serta sangat memuaskan dalam hal pelayanan.

Meski terkadang hal ini kita anggap remeh, namun memilih travel haji plus dan umrah sangat mempengaruhi kenyamanan Anda selama berada di tanah suci ibadah. Kalau hanya mengutamakan harga, yang penting murah, misalnya fasilitas yang ditawarkan belum tentu ideal.

Oleh karena itu, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini, agar travel haji plus dan Umrah ke Tanah Suci menjadi lebih nyaman dan tenang.
 

1. Periksa apakah biro travel tersebut resmi terdaftar di Kementerian Agama

Dari sekian banyak biro travel atau biro travel haji plus dan umrah yang “nakal”, sebagian besar tidak memiliki izin operasional resmi dari pemerintah, dalam hal ini melalui Kementerian Agama.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengecek data dari biro travel atau travel travelt yang terlibat dalam haji dan umrah. Pastikan biro travel tersebut sudah memiliki izin resmi untuk menyelenggarakan travel haji plus dan umrah. Mendaftarkan diri ke travel haji plus dan umrah yang tidak memiliki izin resmi sama saja dengan membahayakan diri sendiri.

Karena untuk dapat menyelenggarakan wisata Haji dan Umrah, Penyelenggara Wisata Umrah (PPIU) harus memiliki izin penyelenggaraan dari Kementerian Agama Republik Indonesia. Oleh karena itu, daripada mengambil resiko besar, lebih baik Anda memilih biro travel haji plus dan umrah lain yang sudah terdaftar dan lebih terpercaya, walaupun harganya lebih mahal.

Untuk mengetahui apakah sebuah travel travelt memiliki izin resmi atau tidak, ada dua cara yang bisa dilakukan. Pertama silahkan datang ke kantor DRA setempat, kemudian minta daftar PPIU resmi di daerah tersebut dari petugas disana.

Kedua, jika Anda tidak sempat datang ke kantor Kemenag setempat, Anda dapat mengakses website resmi Kemenag di sini: http://haji.kemenag.go.id/v2/basisdata/register-ppiu

Kemudian cari nama travel haji plus dan umroh yang ingin digunakan, apakah di daftar tersebut ada nama travelnya atau tidak. Jika ada, berarti biro travel tersebut terdaftar. Jika tidak ada, maka Anda tidak memiliki izin resmi. Lebih baik memilih yang lain.
 

2. Pastikan biro travel haji plus dan umrah memiliki jadwal yang telah ditetapkan

Travel haji plus dan umrah sering kali menawarkan jadwal keberangkatan yang tidak detail dan tidak pasti. Misalnya, perkirakan keberangkatan hanya dalam beberapa bulan dengan maskapai penerbangan, jika tidak ini atau itu. Ujung-ujungnya, calon grup pun ikut merasa digantung. Tidak ada perincian tentang tanggal dan waktu keberangkatan dan keberangkatan dari bandara mana pun dan mendarat di bandara mana pun.

Jika Anda menemukan biro travel haji plus dan umrah, Anda patut curiga. Karena sejatinya setiap biro travel haji plus dan umrah dengan izin resmi memiliki kuota visa untuk setiap tanggal keberangkatan.

Karena sudah memiliki kuota Visa, travel haji plus dan umroh berani membeli atau memesan tiket pulang pergi. Sampai jelas, berangkat jam berapa, tanggal dan bulan berapa, sampai disana jam berapa, menggunakan maskapai, berangkat dari bandara mana, dll.
 

3. Periksa apakah biaya yang diberikan masih wajar dan sesuai dengan layanan

Banyak travel travel haji plus dan umrah mengenakan biaya rendah sehingga memikat banyak calon jamaah. Hal ini tidak sepenuhnya salah, namun Anda harus mengecek fasilitas yang ditawarkan, apakah sepadan dengan biayanya?

Bahkan akan sangat aneh jika ada biro travel haji plus dan umrah yang menawarkan fasilitas yang sangat bagus namun biaya yang ditawarkan sangat murah.
 

4. Cek nama hotel dan lokasinya

Untuk memastikan bahwa data sudah benar, pastikan nama hotel dan lokasi hotel disana. Bisa melalui Google Maps atau Apple Maps. Pastikan nama hotel, lokasi hotel, dan tarif bintang sesuai dengan yang ditawarkan biro travel Anda.

5. Pastikan Anda mendapatkan status visa Anda

Periksa kembali status visa yang akan Anda dapatkan dari Arab Saudi. Pastikan situasinya sesuai dengan kebutuhan Anda untuk pergi ke Tanah Suci, yaitu ibadah umrah atau haji.

6. Berpengalaman dan memiliki kemampuan pendamping yang baik

travel haji plus dan umrah yang baik akan mencakup pemandu yang sangat berpengalaman dan memiliki pengetahuan luas tentang haji dan umrah. Tidak hanya menawarkan untuk pergi haji dan umrah dengan artis terkenal misalnya. Namun konsentrasi keberkahan dan kelancaran ibadah haji dan umrah yang akan Anda lakukan, Anda hanya berniat beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Pemandu berpengalaman akan sangat memudahkan manasik haji dan umrah. Apalagi jika Anda masih belum familiar dengan kota Mekkah dan Madinah. Di sinilah pekerjaan konsultasi akan menonjol.

7. Tidak ada pembatalan keberangkatan bila kuota tidak terpenuhi

Sering kita jumpai jamaah dan umrah urung berangkat karena kuota jamaah tidak terpenuhi, karena travel travel takut merugi. travel haji plus dan umrah yang baik tentunya akan mengantisipasi hal tersebut dan berusaha menghindari gagal berangkat.

8. Memiliki program khusus yang tidak dimiliki wisatawan lain

travel haji plus dan umrah yang baik tidak hanya menawarkan program dan fasilitas selama menunaikan ibadah haji dan umrah, tetapi juga menawarkan program yang berkelanjutan. Baik itu soal pembentukan tajwid bagi lulusan haji dan umrah, tajwid tabungan haji dan umrah, bertukar ilmu tentang haji dan umrah, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa tips memilih biro travel haji plus dan umrah terpercaya. Kecermatan, kehati-hatian dan kecermatan dalam memilih travel haji plus dan umrah merupakan bentuk usaha dan ikhtiar kami dalam menunaikan ibadah haji atau umrah. Semoga apa yang bapak niatkan segera terwujud, dan bisa menjadi haji dari mabrur.

Share: