Mengenal Sertifikat ISO Sebagai Jaminan Mutu

Ada banyak sekali perusahaan yang bersaing untuk memperebutkan pasar yang sama saat ini. Itu berarti mereka akan dihadapkan pada persaingan untuk meyakinkan konsumen membeli produk mereka. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh perusahaan-perusahaan ini untuk meyakinkan para konsumen bahwa produk mereka adalah yang terbaik. Salah satu hal yang cukup sering dilakukan oleh para produsen ini adalah menyewa bintang iklan yang terkenal.

Hal itu dikarenakan banyak masyarakat yang beranggapan bahwa bintang terkenal tidak mungkin akan merekomendasikan barang yang jelek karena akan merusak reputasi dari bintang itu sendiri. Walaupun banyak iklan yang sudah dibintangi oleh orang-orang yang terkenal namun tetap saja sebagian besar masyarakat membutuhkan jaminan yang lebih konkrit. Ada kan itu banyak masyarakat yang sering mencari sertifikat yang menyertai suatu produk.

Jika itu adalah produk makanan maka biasanya konsumen akan mencari sertifikat BPOM ataupun sertifikat halal. Sedangkan untuk produk-produk peralatan biasanya akan ada standar mutu yang ditentukan. Jikalau anda membeli helm maka biasanya anda akan melihat ada tulisan SNI pada helm tersebut. SNI adalah standar mutu yang berlaku di dalam negeri. Sedangkan untuk standar mutu yang berlaku internasional kita mengenal sertifikat ISO.

Sertifikat ISO adalah sertifikat yang yang memberikan jaminan manajemen mutu atas satu produk. Inilah yang menjadi alasan kenapa ada banyak sekali produsen yang berusaha mendapatkan sertifikat ISO untuk produk mereka. Sertifikat ISO yang paling banyak dicari saat ini adalah sertifikat ISO 9001 yang menyatakan bahwa suatu produk memenuhi standar mutu yang ditetapkan untuk industrinya. Oleh karena itu ada banyak sekali perusahaan yang mendaftar untuk mendapatkan ISO 9001 ini.

Jika perusahaan anda juga ingin mendapatkan sertifikat ISO ini maka anda bisa mendaftarkan produk anda ke lembaga sertifikasi ISO. Mereka akan mengutus tim audit untuk mengunjungi perusahaan anda dan melakukan survei pada setiap aspek produksi di perusahaan tersebut. Jika perusahaan anda sudah bisa memenuhi standar yang ditetapkan oleh international standard organization maka tentunya anda akan bisa mengantongi sertifikat ISO tersebut.

Namun jika perusahaan anda tidak lulus dalam penilaian maka akan ada beberapa rekomendasi yang diberikan. Anda akan diberikan tenggat waktu untuk memenuhi rekomendasi tersebut. Jika anda bisa memenuhi rekomendasi yang diberikan maka anda akan bisa memakai sertifikat ISO untuk 3 tahun kedepan. Sertifikat ISO memang merupakan sertifikat yang memerlukan perpanjangan untuk memastikan perusahaan-perusahaan yang sudah mendapatkan sertifikat ISO tetap berada dalam pengawasan rutin.
Share: