Seberapa akurat tafsir mimpi?

 Sampai saat ini masih ada banyak sekali orang yang mempercayai tafsir mimpi. Mereka mencari berbagai referensi untuk menafsirkan mimpi yang membuat mereka gelisah atau penasaran. Namun yang menjadi pertanyaan saat ini adalah seberapa akurat tafsir mimpi ini bisa dilakukan? 

Ini adalah pertanyaan yang sangat sulit untuk dijawab karena pada dasarnya tidak ada orang yang melakukan pendataan tentang seberapa akurat tafsir dari mimpi tersebut. Namun pada umumnya tafsir mimpi tidak bisa dikatakan akurat. 

Cenderung kita akan menemukan berbagai multitafsir dari penjelasan yang tersedia untuk hal-hal yang kita lihat di dalam mimpi. Bahkan dari semua multitafsir tersebut bisa jadi tidak ada satupun yang terwujud. Jadi hal inilah yang membuat ada sebagian kelompok yang beranggapan bahwa mimpi tidak lebih dari bunga tidur. 

Sedangkan kelompok lain beranggapan bahwa mimpi adalah gambaran dari kondisi kejiwaan saja. Tentunya paham bahwa mimpi bisa ditafsirkan ini sudah berumur sangat tua. Bahkan dari ribuan tahun yang lalu ada banyak kisah-kisah tentang penafsiran mimpi. 

Namun bedanya kisah-kisah penafsiran mimpi yang terdapat di dalam literatur keagamaan biasanya dilakukan dengan pertolongan tuhan. Sedangkan saat ini penafsiran mimpi lebih cenderung ke arah penafsiran menurut kode-kode yang terlihat di dalam mimpi. 

Oleh karena penafsiran ini dilandaskan pada kumpulan pengalaman manusia saja maka akurasinya tidak tinggi. Jadi anda tidak perlu terlalu kuatir juga kalau anda mendapatkan mimpi dengan tafsir yang buruk. 

Justru sikap kuatir atau negatif yang muncul dari mempercayai tafsir yang buruk itulah yang akan mendatangkan hal-hal yang tidak baik di dalam hidup anda. Ada baiknya anda hanya menjadikan tafsir mimpi ini sebagai pertimbangan saja dan bukan mempercayainya 100%. 

Di indonesia penafsiran mimpi sering dilakukan dengan membaca buku primbon jawa. Buku primbon jawa ini berisi banyak kode-kode atau gambaran-gambaran kejadian di dalam mimpi yang ditafsirkan. Jadi anda tinggal mencari kejadian apa yang paling mirip dengan mimpi anda untuk melihat tafsir yang tersedia di dalam primbon jawa ini. 

Pada tahun 90-an buku primbon jawa sangat laris di toko-toko buku. Namun saat ini anda sudah bisa dengan mudah menemukan tulisan-tulisan primbon jawa melalui internet. Tingginya traffic yang mencari kata kunci primbon jawa adalah bukti bahwa masyarakat masih mempercayai tafsir mimpi ini.

Share: