BAGAIMANA CARA MERAWAT LAPTOP SUPAYA TAHAN LAMA?

Banyak orang membiarkan laptop mereka istirahat atau standby dalam mode sleep selama berbulan-bulan. Padahal hal ini bisa mempercepat kerusakan laptop anda. Selain mematikannya secara rutin, ada tips merawat laptop lain yang bisa Anda terapkan setiap hari, supaya laptop anda lebih awet.



Nah, apa saja tips-tips tersebut? Ini dia informasinya, hanya untuk Anda.

1. Bersihkan keyboard dan portnya


Laptop memiliki lubang keyboard dan slot di port. Nah, celah-celah ini rawan terisi oleh debu atau kotoran lainnya. Jadi, bersihkan lubang ini secara rutin, ya! Anda dapat menggunakan penyedot debu mini yang mengambil daya dari USB.

Jika rusak, keyboard sulit diperbaiki. Belum lagi biaya perbaikan keyboard bisa cukup mahal.

2. Bersihkan Monitor Laptop Dengan Teratur


Jangan lupa untuk membersihkan layar laptop Anda secara teratur, oke? Jangan menunggu hingga noda yang sulit dibersihkan muncul. Seperti yang ditulis PC World, Anda dapat menggunakan kain mikrofiber. Ini adalah selembar kain yang biasanya digunakan untuk menyeka kacamata.

Dengan cara ini, Anda dapat merawat layar laptop Anda dengan baik. Layar Anda bersih, Anda juga dapat menghindari goresan.

3. Pilih tas yang tepat


Selain layar, bagian lain dari laptop anda juga kemungkinan besar bisa mengalami goresan. Apalagi jika Anda hanya memasukkan laptop ke dalam tas. Jadi kamu butuh tas khusus untuk itu. Dengan merawat perangkat ini, laptop Anda bisa semulus seperti baru dibeli.

4. Jauhi makanan dan minuman


Tidak dianjurkan untuk bekerja sambil makan atau minum. Karena noda atau remah bisa mengotori laptop Anda. Jika sedikit, maka tentu saja Anda hanya perlu membersihkannya. Jika Anda memiliki banyak kotoran di sela keyboard, hati-hati, laptop Anda bisa rusak karenanya.

Tubuhmu juga bisa merugi karena makan sambil buka laptop lho. Alat ini pasti penuh dengan bakteri. Saat Anda bergantian membawa makanan dan laptop, bakteri ini bisa masuk ke tubuh Anda dan membuat Anda sakit.

5. Jaga baterainya


Baterai juga merupakan salah satu komponen laptop yang mudah rusak. Padahal, sumber energi tunggal ini sangat penting. Jika rusak, suka atau tidak anda hanya bisa memakai laptop dengan terhubung ke listrik. Produktivitas bisnis Anda bisa terhambat oleh hal ini. Jadi, hindari menggunakan laptop sampai baterai habis, ya! Colokkan ke listrik sebelum kapasitasnya mencapai 20%.

6. Perawatan ventilasi

Coba lihat, gadget Anda di mesin ini seharusnya memiliki bagian pembuangan udara panas. Ini biasanya bagian terpanas di permukaan laptop anda. Area ini sebenarnya merupakan celah untuk suhu tinggi yang keluar dari laptop. Agar tetap berfungsi dengan benar, jangan tutupi knalpot dengan apapun.

7. Matikan atau mode tidur?


Setelah seharian digunakan, mematikan laptop di malam hari adalah suatu keharusan. Ini ditulis oleh Panda Security. Seperti yang disebutkan oleh Glints di atas. Dengan melakukan ini akan memberi laptop anda kesempatan untuk beristirahat. Ketika Anda harus menggunakannya lagi keesokan paginya, laptop Anda sudah siap.

Namun, jika hanya mau beristirahat selama satu atau dua jam, hindari mematikannya. Cukup pilih mode tidur untuk memberinya sedikit ruang untuk berhenti. Kenapa melakukan ini? Sebab, saat laptop dimatikan, dibutuhkan daya yang besar untuk menyalakannya. Hal ini tidak baik jika sering dilakukan.

8. Matikan laptop


Terakhir, saat tidak digunakan, tutup layar laptop Anda. Langkah perawatan ini dapat mencegah laptop Anda terkena debu atau kotoran lainnya. Selain itu, laptop  juga lebih terlindungi dari jatuh atau rusak karena dorongan yang tidak disengaja.

Kurang lebih inilah cara merawat laptop anda agar tahan lama. Jika butuh perawatan atau perbaikan laptop yang rusak, maka anda bisa mencari jasa service laptop terdekat di kota anda. Sangat direkomendasikan menggunakan jasa service laptop untuk menangani kerusakan yang tidak anda kuasai. Ini bisa menghindarkan anda dari kerusakan laptop yang lebih parah.

Share: