Cara terbaik memasangkan Panel surya (solar cell)

Perlu Anda ketahui bahwa produsen solar panel outdoor dan indoor biasanya akan melayani konsumennya dengan menyediakan pemasangan panel tenaga surya dalam satu paket. 

Jadi jika membeli pembangkit listrik tenaga surya satu paket, maka anda akan mendapatkan panel tenaga surya, charger, baterai kapasitas besar, inverter dan pemasangannya. Semuanya ini adalah satu paket dari pembelian yang anda lakukan.

Sangat dianjurkan agar anda memberikan pemasangan PLTS pada ahlinya, karena pemasangan PLTS sangat sulit. Pemasangannya memerlukan perhitungan khusus dan pertimbangan yang matang.

Namun bagi anda yang mau berusaha memasangnya sendiri, ya resiko juga ditanggung sendiri jika ada kesalahan di dalam pemasangannya. Untuk memperkecil resiko itu ada beberapa rekomendasi yang bisa saya berikan di sini.

Bagi yang berencana memasang panel surya sendiri di rumah, jangan khawatir karena kali ini saya akan berbagi bagaimana cara terbaik memasang panel surya di rumah untuk dapat menghasilkan listrik dari matahari dan menggunakannya pada peralatan listrik di rumah Anda.

Langkah pertama: Tentukan lokasi

Lokasi yang baik agar panel surya berfungsi dengan baik adalah area yang terbuka dan menghadap matahari. Anda bisa memasangkannya di tempat-tempat terbuka seperti di atas atap rumah anda. Inilah yang umumnya dilakukan oleh mereka yang mau menggunakan PLTS di rumah mereka.

Kenapa hampir semua orang memasang PLTS di atas atap rumahnya?

  • Atap rumah biasanya berada di bagian atas dan bagian rumah yang paling terbuka serta bebas halangan dari sinar matahari
  • Bisa memasang panel tenaga surya lebih dekat dengan  baterai sehingga pengendaliannya bisa lebih mudah dilakukan
  • Tidak menghabiskan ruang yang fungsional di rumah anda
  • Ini solusi terbaik untuk kawasan padat perumahan
  • Dapat membantu memprediksi intrusi air hujan


Langkah kedua: Sediakan peralatan yang dibutuhkan


Tidak mungkin Anda bisa memasang panel tenaga surya atau solar cell ini tanpa peralatan yang memadai. Oleh karena itu anda perlu mempersiapkan segala sesuatu yang bisa membantu anda dalam pemasangan panel tenaga surya ini.

Anda perlu memastikan kelengkapan panel tenaga surya yang sudah anda beli satu paket tadi. Baterai berkapasitas besar untuk menyimpan energi listrik dari matahari untuk digunakan nanti, inverter yang mampu mengubah arus DC dari baterai menjadi arus bolak-balik untuk memenuhi kebutuhan rumah anda.

Jika Anda berencana menggunakan dua sumber daya listrik dalam satu rumah, misalnya sumber dari PLN sebagai sumber energi utama, dan sumber dari panel surya sebagai cadangan, Anda dapat menggunakan komponen tambahan, yaitu sakelar atau juga DPDT (Double pole Doube Touw) sakelar yang dapat mengubah sambungan listrik pada kontak yang berbeda

Namun bagi yang ingin lebih canggih, Anda dapat menggunakan sistem panel ATS (Auto-Startup), yaitu panel kontrol yang bisa memungkinkan Anda untuk secara otomatis beralih sumber listrik ketikan sumber utama yang anda gunakan saat ini terputus.

Anda juga mungkin memerlukan peralatan pertukangan seperti palu, obeng, tang, gergaji, dan lain sebagainya untuk membantu anda memasang panel tenaga surya di atas atap rumah anda ini.

Sampai di sini anda mungkin sudah bisa membayangkan kerepotan yang harus anda hadapi saat harus memasang panel tenaga surya di rumah anda. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa kami sangat merekomendasikan agar anda menggunakan jasa teknis untuk melakukan ini. Usaha anda berhemat justru bisa menjadi kerugian jika panel tenaga surya tersebut malah rusak atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Share: