Apa Yang Perlu Anda Perhatikan Dari Layanan Warehouse?

Pasar untuk ruang warehouse sangat ketat saat ini. Daripada membangun warehouse baru/lebih banyak, kebanyakan perusahaan lebih suka menyewa dan/atau menandatangani kontrak jangka panjang untuk menyimpan barang-barang mereka. 

Oleh karena itu, ruang warehouse saat ini sangat mahal. Apa yang harus Anda cari saat memilih warehouse dan/atau layanan logistik saat ini?

Sistem Manajemen Warehouse yang Terorganisir

Pertama, perhatikan sistem manajemen warehouse yang kuat. Jika mereka dapat memberikan pesanan pengambilan dan pengiriman produk kepada pelanggan mereka, maka itu pertanda positif. Idealnya, sistem manajemen inventaris mereka akan terintegrasi dengan Anda sehingga Anda dapat mengetahui detail tentang inventaris Anda serta saat meninggalkan warehouse untuk dikirim ke pelanggan.

Proses Pengiriman

Selanjutnya, pertimbangkan pengiriman– bagaimana produk Anda akan dikirim penting saat memilih warehouse. Jika produk Anda akan dipindahkan dengan kereta api, maka warehouse perlu memiliki rel taji untuk bongkar muat produk. 

Terlebih lagi, mereka membutuhkan peralatan untuk membawa produk ke/keluar dari gerbong. Jika produk akan dikirim menggunakan gerbong, apakah ada area tertutup di mana pemuatan terjadi, di luar elemen? 

Anda tidak ingin kotak Anda basah kuyup karena hujan dan salju! Jika produk Anda dipindahkan melalui pesawat, apakah warehousenya dekat dengan bandara setempat? Untuk truk, warehouse harus berada di dekat jalan raya utama.

Proses Penyimpanan

Apakah produk Anda harus berada di lingkungan yang suhunya terkendali? Jika demikian, pastikan warehouse yang Anda gunakan memiliki kapasitas untuk menjaga barang tetap hangat atau dingin tergantung kebutuhan Anda.

Selain itu, sebagian besar klien mencari ruang warehouse kering yang dijaga keamanannya dengan pagar dan/atau sistem keamanan. Dengan begitu produk mereka akan tetap kering setiap saat, dan dilindungi oleh keamanan.

Memanfaatkan Sumber Daya yang Tepat

Terakhir, jika Anda bukan ahli dalam pemenuhan atau manajemen inventaris, carilah perusahaan warehouse/logistik yang ahli. Biarkan mereka menangani proses tersebut. Lihat layanan apa yang mereka tawarkan– misalnya, apakah mereka melakukan pembuatan palet, pembungkusan susut, dan/atau penjemputan barang?

Share: