Jenis Dan Kelebihan Sandwich Panel

Ada beberapa jenis sandwich panel yang sering digunakan pada bangunan prefabrikasi. Agar bangunan prefabrikasi yang menggunakan bahan struktur berlapis lebih tahan lama, ada baiknya memilih sandwich panel yang berkualitas tinggi. Panel isolasi terdiri dari dua jenis:

1. Panel dinding sandwich

Jenis bahan pelapis pertama yang dapat digunakan dalam konstruksi rumah prefab adalah sandwich panel EPS untuk kelongsong dinding. Yang paling banyak digunakan adalah tipe Thermastyle Pro dengan lebar 950 mm dan ketebalan 50 hingga 100 mm.

2. Atap sandwich panel

Atap sandwich panel yang digunakan pada pembangunan rumah prefabrikasi adalah jenis EPS ThermaDeck PRO dengan lebar 1050 mm dan tebal 50-100 mm.

Jika ruangan menggunakan dinding dan langit-langit sandwich panel, bagian lain yang perlu diperhatikan adalah pintu dan jendela. Pintu dan jendela harus menggunakan sistem pintu yang tertutup rapat untuk mencegah masuk dan keluarnya bakteri, serta harus tahan api dan goncangan, terutama jika ruangan tersebut adalah ruang operasi.
 

Keuntungan sandwich panel

Sandwich panel dinding dipilih karena dinding sandwich panel memiliki banyak keunggulan, terutama pada bangunan dengan sistem yang dapat dilepas seperti hotel kapsul. Berikut adalah beberapa keunggulan lain dari produk sandwich panel:

1. Instalasi yang relatif cepat dan perawatan yang mudah

Secara umum, membuat lapisan dinding atau langit-langit sangat memakan waktu dan tenaga. Namun, tidak demikian halnya dengan penggunaan sandwich panel ini.

2. Isolasi panas dan insulasi suara yang baik

Dengan lapisan Expanded Polystyrene (EPS), papan insulasi mampu menyerap panas dan suara.

3. Hemat energi

Penggunaan sandwich panel dengan lapisan dinding mampu menghemat biaya listrik. Selain dinding panel yang mampu memantulkan cahaya secara optimal, penggunaan sandwich panel membuat suhu di dalam ruangan menjadi lebih sejuk. Penghuni kamar juga dapat mengurangi penggunaan air conditioning (AC).

4. Lebih hemat

Pemasangan sandwich panel yang tidak membutuhkan banyak tenaga kerja membuat proses pemasangan dinding lebih hemat waktu dan tenaga.

5. Siap pasang tanpa finishing

Berbeda dengan pemasangan dinding yang menggunakan bata ringan atau batako yang perlu diplester lalu diplester sebagai finishing, pemasangan sandwich panel tidak memerlukan finishing.

Share: