Penggunaan Jembatan Timbang Di Berbagai Jenis Usaha

 Jembatan timbang adalah sebuah alat yang dipergunakan untuk menimbang bobot dari sebuah kendaraan. Khususnya dalam hal ini adalah kendaraan pengangkut barang seperti mobil truk. 

Tujuan dari penggunaan jembatan timbang ini sangatlah sederhana yaitu untuk menimbang bobot muatan dari mobil truk tersebut. Kita biasa melihat jembatan timbang mobil truk ini di berbagai tempat seperti gudang, pabrik, dan perkebunan. 

Jembatan timbang ini adalah solusi yang praktis bagi sebuah usaha seperti perkebunan kelapa sawit karena akan sangat merepotkan jika kelapa sawit harus ditimbang satu per satu. Jadi biasanya kelapa sawit baru akan ditimbang pada saat sudah berada di dalam bak pengangkut mobil truk. 

Prinsip kerjanya sangat sederhana yaitu membandingkan bobot motor pada saat kosong dan pada saat bermuatan penuh. Tentunya akurasi dari timbangan mobil truk ini sangatlah penting untuk mencegah kerugian. 

Oleh karena itu perusahaan biasa mengusahakan untuk menggunakan load cell yang berkualitas baik. Load cell adalah bagian paling penting dari jembatan timbang mobil truk. 

Akurasi dari penimbangan mobil sangat dipengaruhi oleh penggunaan loadcell ini. Namun walaupun kita sudah menggunakan loadcell yang berkualitas namun lama-kelamaan akurasi timbangan juga akan terus berkurang. 

Jadi sangat diperlukan untuk terus melakukan tera ulang ataupun kalibrasi untuk memastikan akurasi dari pengukuran jembatan timbang ini. Adapun jembatan timbang ini datang dalam berbagai kapasitas obat timbangan. Anda bisa memilih antara 10 ton, 30 ton, ataupun 50 ton. 

Anda bisa memilih jembatan timbang yang paling sesuai dengan kebutuhan usaha anda. Dari segi pemasangan pun jembatan timbang ini terbagi menjadi dua jenis yaitu portable dan permanen. Yang paling umum kita temui saat ini adalah tipe yang permanen yang dibangun diatas rangka beton ataupun rangka baja. 

Namun beberapa orang juga menggunakan jembatan timbang ini secara portable untuk wilayah-wilayah yang masih sulit dijangkau oleh bahan bangunan. Atau untuk penggunaan di lahan yang berpindah. 

Jika anda tertarik untuk menggunakan jembatan timbang ini di dalam usaha anda maka anda bisa memesannya secara langsung melalui dealer jembatan timbang. Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan tenaga marketing dari jembatan timbang ini untuk memastikan tipe jembatan timbangan yang paling sesuai untuk kebutuhan anda.

Share: