Keterampilan Yang Dibutuhkan Pelaku Digital Marketing

Di bawah ini adalah keterampilan yang harus dimiliki digital marketing tingkat atas. Anda harus menguasai banyak hal untuk bisa membuat pemasaran yang anda lakukan bisa berhasil dengan baik, Jika anda ingin tahu apa saja keterampilan yang anda butuhkan; silahkan cek daftar di bawah ini.

SEO dan SEM


Tidak ada pekerjaan yang Anda lakukan sebagai digital marketing yang penting kecuali orang melihatnya! Mendorong lalu lintas ke properti online Anda, terutama halaman arahan Anda, adalah langkah pertama dan paling penting dalam berhubungan dengan audiens Anda. Untuk berhasil sebagai digital marketing, Anda harus menjadi ahli dalam menggunakan SEO dan SEM secara maksimal.

Analisis data


Meskipun mereka biasanya tidak perlu dapat bekerja dengan analitik data pada tingkat yang sama seperti, katakanlah, Ilmuwan Data, digital marketing perlu mengetahui cara menggunakan Google Analytics dan alat analisis lainnya. Informasi terperinci mereka tentang dari mana lalu lintas Anda berasal—kata kunci paling menarik, waktu paling populer dalam sehari, dan data tak ternilai tentang usia, jenis kelamin, dan perincian lokasi pemirsa Anda, serta minat mereka dan perangkat yang mereka gunakan untuk menjangkau Anda—mungkin merupakan sumber wawasan audiens yang paling berharga bagi digital marketing.

Media sosial


Tidak perlu dikatakan lagi bahwa digital marketing harus memiliki perasaan yang baik untuk semua platform media sosial yang mereka gunakan untuk memposting konten dan menjangkau audiens. Dan setiap platform memiliki kebiasaannya sendiri; Anda harus tahu apa yang berhasil dan apa yang tidak, kapan dan apa yang harus diposting, dan bagaimana menyesuaikan nada posting Anda agar beresonansi dengan segmen audiens yang berbeda yang menggunakan platform berbeda. Bahkan dalam bidang pemasaran media sosial, ada berbagai teknik yang dapat diprioritaskan oleh digital marketing, termasuk mendengarkan secara sosial, streaming langsung, pesan langsung, dan tagar.

Bayar-Per-Klik dan Iklan Media Sosial


Jika anggaran digital marketing termasuk uang untuk iklan, mereka harus tahu apa dan di mana membelanjakannya untuk dampak maksimal. Ini mencakup penempatan iklan di berbagai situs di seluruh web—melalui iklan langsung atau platform seperti Google Ads—serta iklan media sosial dan pos bersponsor.

Email Pemasaran


Kami telah menjelaskan betapa berharganya menjangkau basis pelanggan Anda melalui kotak masuk mereka. Mengirimkan kampanye email itu mudah; mengirimkan kampanye email yang efektif jauh, jauh lebih sulit. Dan sementara buletin bukan alat paling seksi yang tersedia bagi digital marketing, hampir 80 persen dari mereka melaporkan melihat peningkatan keterlibatan email selama 12 bulan sebelumnya, menurut laporan State of Marketing 2020 Hubspot.

Bercerita


Baik Anda memberi teks pada postingan Instagram atau menulis artikel kepemimpinan pemikiran seribu kata untuk blog perusahaan Anda, keterampilan mendongeng yang sangat baik (termasuk menulis, mengedit, dan bercerita visual) selalu menjadi aset bagi digital marketing. Terutama dalam hal pemasaran konten—artikel yang lebih panjang tentang topik yang relevan dengan audiens Anda, yang merupakan alat utama dalam SEO—penting untuk dapat mengomunikasikan ide-ide Anda tidak hanya dengan jelas, tetapi juga dengan cara yang terasa menarik bagi orang-orang Anda. ingin menarik. Terkait: kemungkinannya sangat tinggi, Anda harus dapat menavigasi backend WordPress atau CMS serupa.

Keterampilan Desain Dasar


Sementara tim yang lebih besar sering kali memiliki departemen seni khusus yang stafnya terdiri dari Desainer Grafis atau bahkan Desainer UI/UX, digital marketing sering kali harus melakukan tugas sehari-hari seperti memilih dan memanipulasi gambar yang akan muncul di umpan media sosial perusahaan, atau menyusunnya. tata letak untuk buletin email. Di sini, pemahaman tentang keterampilan desain dasar—termasuk cara mengatur informasi untuk keterbacaan—merupakan aset yang sangat besar. Ini sering dimulai dengan pemahaman intuitif tentang pengalaman pelanggan.

Pemecahan Masalah Kreatif


Apa pun yang ingin Anda capai sebagai digital marketing, pesaing Anda kemungkinan besar mencoba mencapai hal yang sama. Keunggulan Anda terletak pada kemampuan Anda untuk berinovasi dan memikirkannya—belum lagi menemukan solusi kreatif untuk semua tantangan lain yang muncul selama sehari, mulai dari menemukan jalur baru hingga pengguna Anda hingga menemukan cara baru untuk meraih dan bertahan perhatian mereka.

Penjualan dan Persuasi


Sebagai Pemasar, tugas Anda adalah mengubah pikiran orang. Jelas, menguasai seni menjual adalah keuntungan Anda! Tapi ini tidak terbatas pada penjualan keras; bisa dibilang, kekuatan persuasi sama pentingnya ketika membangun citra merek yang kuat secara perlahan dari waktu ke waktu, atau bahkan mencoba membawa rekan kerja Anda untuk mendukung ide kampanye baru.
Share: